Kamis, 27 September 2012

Teknologi Pagar Anti Bunuh Diri



[imagetag]

Sebuah perpustakaan di sebuah kampus di New York, Amerika Serikat, memasang pagar khusus untuk mencegah mahasiswa bunuh diri . Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir telah terdapat tiga kasus bunuh diri di perpustakaan tersebut.

Diberitakan New York Post, Selasa 21 Agustus 2012, pagar tersebut dipasang di perpustakaan Elmer Holmes Bobst yang berada di Universitas New York. Pagar tersebut dirancang oleh desainer Joel Sanders dan dipasang di beberapa dari 12 lantai perpustakaan tersebut.

Pagar dengan tinggi lebih dari 1 meter tersebut dibuat dari besi yang dicat warna emas. Besi itu dibentuk menyerupai pixel digital. Dengan pagar tersebut, diharapkan mahasiswa tidak dapat melompat dari pagar pembatas lantai.

Tercatat, sejak tahun 2003 telah ada tiga orang yang bunuh diri melompat dari ketinggian di perpustakaan tersebut. Sejak saat itu, pengelola perpustakaan putar otak agar insiden serupa tidak terjadi di masa depan.

Sebelumnya, perpustakaan memasang kaca fiber di pagar pembatas. Namun, karena merusak pemandangan, akhirnya diganti.

Arsitektur Menakjubkan

Pertama kali dibuka tahun 1973, perpustakaan ini disebut-sebut sebagai salah satu gedung dengan arsitektur paling menakjubkan di New York. Perpustakaan tersebut memuat 3,7 juta volume, 58 ribu judul dan lebih dari 5,4 juta mikroform.

Walaupun oleh sebagian orang pembatas baru ini dianggap bagus, namun bagi beberapa mahasiswa pagar ini bentuknya seperti penjara. Beberapa mahasiswa mengungkapkan kekecewaan mereka atas pagar tersebut di akun Twitter.

"Pagar di perpustakaan Bobst sangat menakutkan. Kenapa perpustakaan NYU lebih mirip penjara matrix di Gotham City," tulis salah seorang mahasiswa dengan nama akun Squarah.

Sumber

#db4ef9


Tidak ada komentar:

Posting Komentar