Kamis, 25 Oktober 2012

Pabrik Foxconn Di Cikande, Serang



[imagetag]

Modern Cikande Industrial Estate (MCIE) menjadi calon kuat lokasi pembangunan pabrik Foxconn Technology Group (Foxconn). Hari ini rencananya pihak Foxconn akan memutuskan apakah lokasi tersebut menjadi lokasi pabrik mereka.

"Hari ini diputuskan, kalau tidak ada perubahan," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Hidayat menjelaskan untuk tahap awal Foxconn akan menggunakan lahan 5.000 meter persegi untuk pabrik perakitan handphone (HP) mereka. Mereka akan membeli pabrik dengan luas 4000 meter yang rencananya akan direnovasi di kawasan ModernCikande Industrial Estate

"Untuk tahap awal pada Desember (2012) akan merakit 3 juta HP sebagai tahap awal. Grounbreaking selanjutnya bulan Juli tahun 2013, setelah itu produk mereka mendiversifikasi selain HP ada iPad, smartphone, smart tv," katanya.

Hidayat menambahkan, ia menyiapkan alternatif lain bagi Foxconn untuk lokasi pabrik mereka. Berdasarkan pengalaman pabrik Foxconn di China setidaknya mereka membutuhkan lahan hingga 3000 hektar.

"Kami juga menyiapkan di Jawa Timur dan Jawa Tengah, mengingat investasi mereka di China 20 provinsi, luasanya sampai 3.000 hektar," katanya.

Modern Group mendirikan kawasan industri Modern Cikande (MCIE) di awal tahun 1991. Kawasan Industri Modern Cikande berlokasi strategis di Cikande, Serang, Banten kira-kira 68 km dari Jakarta, 75 km dari Pelabuhan Tanjung Priok dan 50 km dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

MCIE dapat diakses melalui tol Jakarta-Merak kemudian keluar melalui pintu tol Ciujung. Pelabuhan Bojonegara yang berjarak dekat dengan kawasan dan akan menjadi sentra pengangkutan barang untuk keperluan ekspor-impor terbesar di Indonesia sedang dalam proses perencanaan.

MCIE dihuni oleh lebih dari 160 perusahaan baik lokal maupun asing. MCIE merupakan hunian bagi berbagai jenis industri meliputi industri kimia, pengolahan makanan, komponen otomotif, komponen sepatu, dan masih banyak lagi.

Sumber

#db4ef9


Tidak ada komentar:

Posting Komentar